Koneksi Antarmateri - Modul 2.3 Coaching untuk Supervisi Akademik



 Semangat pagi rekan-rekan CGP, PP, dan Fasilitator serta Instruktur Nasional. Pada artikel kali ini, saya akan menyampaikan koneksi antarmateri Modul 2.3 Coaching untuk Supervisi Akademik pada Pendidikan Guru Penggerak Angkatan 11 Kabupaten Gianyar Tahun 2024. Guna menyelaraskan dengan tujuan pembelajaran khusus, berikut saya sampaikan koneksi antarmateri dengan menjawab pertanyaan pemandu yaitu:

  • Bagaimana peran Anda sebagai seorang coach di sekolah dan keterkaitannya dengan materi sebelumnya di paket modul 2 yaitu pembelajaran berdiferensiasi dan pembelajaran sosial dan emosi?

Jawab: Peran saya sebagai seorang coach di SMAN 1 Gianyar berjalan dengan lancar. Saya mencoba memahami konsep coach yang tersedia di modul, saat rukol dengan fasilitator, dan elaborasi pemahaman dengan instruktur nasional. Beruntung saat melaksanakan praktik coach rekan sejawat antusias dan mampu menggali solusi secara mandiri dibantu oleh pertanyaan-pertanyaan reflektif. Materi sebelumnya pada paket modul 2 yaitu pembelajaran berdiferensiasi kadang menjadi konten yang asik dibahas dengan rekan sejawat saat caoching. Pembelajaran berdiferensiasi rata-rata menjadi solusi saat coachee mengalami kesulitan saat pembelajaran. Terdapat strategi variasi konten, proses, dan produk yang menjadi poin utama fokus implementasi di sekolah oleh Guru. Pada materi sosial dan emosional memberikan penyadaran diri yang mantap kepada saya untuk menggetoktularkan kepada rekan sejawat. Melalui kegiatan yang konsisten dilakukan tentang meanfullness sangat bermanfaat bagi pelaksanaan pembelajaran yang tenang, kondusif dan semoga selalu mencapai tujuan pembelajaran yang diinginkan. 

  • Bagaimana keterkaitan keterampilan coaching dengan pengembangan kompetensi sebagai pemimpin pembelajaran?

Jawab: Keterkaitan coaching dengan pengembangan kompetensi sebagai pemimpin pembelajaran sangat erat dan saling menguatkan. Keterampilan coaching memantapkan peran guru sebagai pamong (menuntun) siswa sesuai kodrat alam dan zaman serta kekuatannya masing-masing menuju pada keselamatan dan kebahagiaan. Ada penyadaran diri yang luar biasa dari konsep coaching mengenai cara mencari solusi dengan pertanyaan reflektif. Coaching dan sebagai coachee perlu dilakukan dengan masif kedepannya agar memberikan solusi yang reflektif demi kemajuan siswa dan satuan pendidikan.